Palopo – sebanyak 35 orang taruna SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo di wisuda oleh kepala diklat pusat pengembangan SDM kementrian Perhubungan Republik Indonesia.  Pelaksanaan wisuda dilaksanakan di lapangan Pancasila, rabu(07/11/2018) dengan rincian 19 taruna berasal dari  jurusan nautika kapal niaga dan 16 orang lainnya dari jurusan teknika kapal niaga.  Ketua panitia pelaksana wisuda dalam laporannya pada kesempatan itu mengatakan bahwa  saat ijni SMK Pelayaran Samudra Nusantara Utama telah berhasil meraih predikat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional sehingga menuurtnya telah dapat disejajrakan dengan sekolah pelayaran lainnya yang telah lebih majuu di tanah air. “ sekitar 157 SMK Pelayaran di Indonesia, SMK Samudra Nusantara Palopo salah satunya yang telah meraih predikat apropal “ tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palopo H.Rahmat Masri Bandaso dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya kepada jajaran SMK Pelayaran Samudra Nusantara Utama yang telah bantyak berkonstribusi bagi pengembangan SDM kepelautan di Kota Palopo. Dirinya juga mengungkapkan komitmen pemerintah Kota Palopo untuk selalu mendukung program pengembangan SDM pelayaran.  “ Alhamdulillah sudah ratusan warga Palopo kita bina dan didik pada program pendidikan pelaut gratis dengan menggunakan APBD, sebagai bukti keseriusan kami dalam mewujudkan SDM pelayaran berkualitas serta mendukung program kemaritiman pemerintah Republik Indonesia,  dan sejumlah alumninya telah mendapatkan posisi pekerjaan pada bidang yang mereka tekuni “ ujarnya seraya berharap agar dirjen perhubungan laut dapat membantu pendirian politeknik atau akademi pelayaran yang lebih representativ,agar lulusan SMK pelayaran yang ingin melanjutkan pendidikannya tak perlu jauh lagi keluar daerah.  Ia berharap jika hal itu dapat diwujudkan akan semakin menguatkan posisi Kota Palopo sebagai salah satu penyuplai SDM pelayaran yang andal, tangguh dan berintegritas.

Dalam kesempatan itu, RMB sapaan akrba wakil walikota Palopo mengingatkan para lulusan SMK pelayaran untuk menjadi sosok calon pelaut yang berkaraktrer dengan senantiasa mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa sebgai bentuk kesyukuran atas karunia yang diberikanNya.( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )