Palopo-Sebagai bagian dari program penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) tahun 2016, pemerintah akan melakukan penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara yang akan ditawarkan di pasar domestik. Pemerintah akan menerbitkan dua instrumen SBSN ritel, yaitu Sukuk Ritel dan Sukuk Tabungan. penerbitan kedua instrumen ritel tersebut dimaksudkan sebagai upaya memperluas basis investor serta mendukung pengembangan pasar keuangan syariah dan tercapainya keuangan inklusif dalam rangka memperkuat stabilitas perekonomian. Kali ini pemerintah menggandeng bank BNI sebagai salah satu perbankan aktif dan dinilai mempunyai anggaran mumpuni untuk ikut dalam program ini. 

Hal tersebut diungkapkan oleh kepala cabang BNI Palopo, Iqsal Anwar  dalam gatering dnegan sejumlah nasabah BNI yang turut pula dihadiri oleh Walikota Palopo, H.M.Judas Amir, MH  di The icon house cafe( 7/3/2017). Sementara itu Walikota Palopo dalam kesempatan itu mengatakan bahwa program ini yang sangat bermanfaat bagi pembangunan daerah dan diharapkan dapat membantu meningkatkan pasar keuangan syariah.” Dengan membeli sukuk ritel, masyarakat tidak hanya berinvestasi sesuai syariah serta memperoleh keuntungan berinvestasi, namun juga telah berpartisipasi langsung dalam kegiatan pembangunan daerah ‘ ungkap orang nomor satu di Kota Palopo.

Kegiatan tersebut dihadiri nasabah dari lintas profesi diantaranya berasal dari instansi pemerintah, lembaga keuangan, asosiasi usaha, akademisi, pondok pesantren, Dharma wanita, dan insan pers. (Faisal Ibrahim)