Palopo- Bertempat di ruang media center KPU Kota Palopo, Kamis (05/07/2018), rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan hasil suara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan serta pasangan walikota dan wakil walikota Palopo digelar oleh KPU. Usai melakukan penghitungan suara tahap pilgub dan wagub sekitar pukul 19.00 malam hari, penghitungan dilanjutkan ke tahap walikota dan wakil walikota Palopo.

Dalam penghitungan tersebut, pasangan calon( paslon ) walikota dan wakil walikota Palopo Judas Amir dan rahmat Masri Bandaso (JUARA) berhasil memperoleh suara terbanyak dari paslon Akhmad Syarifuddin dan Budi Sada (OME BISA).Berdasarkan penghitungan rekap, Juara unggul dengan perolehan suara sebanyak 51.880 suara, sedangkan pasangan Ome Bisa hanya memperoleh suara sebanyak 33.991 suara. Adapun jumlah keseluruhan suara yang sah yakni 85.871 suara, sedangkan suara yang dinyatakan tidak sah yakni 898 suara, total keseluruhan suara yang sah dan yang tidak sah berjumlah 86.769 suara.

Rapat pleno yang berlangsung sejak siang hingga malam hari tersebut berlangsung aman terkendali hingga selesainya penghitungan suara pada pukul 23. 00 malam. Penghitungan dipimpin oleh komisioner KPU Palopo Syamsul Alam. Usai menetapkan hasil rekapitulasi perhitungan suara, Samsul Alam mengatakan dalam waktu tiga hari ke depan KPU akan menunggu, apabila tidak ada pihak yang mengajukan gugatan ke Mahkamah konstitusi, maka KPU Kota Palopo akan mengadakan pleno penetapan calon walikota dan wakil walikota Palopo periode 2018-2023.

Rapat pleno terbuka tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi,  hadir pula komisioner Panwaslu Kota Palopo, Asbudi Dwi Saputra dan St Aisyah.( Faisal Ibrahim_Diskominfo Palopo )