Palopo – Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen.TNI Surawahadi menjadi orang ke-8 dalam 20 tahun terakhir yang berkesempatan memperoleh gelar dari kedatuan Luwu. Prosesi penganugerahan gelar dilaksanakan rabu(24/10/2018 ) di istana kedatuan Luwu. Gelar yang disematkan kepada Pangdam yang kini membawahi 3 provinsi tersebut yakni “ To Pawennei “ atau Sang Penyanyang.  Penganugerahan gelar adat dilakukan langsung oleh Datu Luwu ke-40 Andi Maradang Mackulau Opu To Bau yang ditandai dengan penyerahan keris dan pemasangan pin kedatuan Luwu.

Atas penghargaan itu, Pangdam yang pada kesempatan itu didampingi oleh Danrem Tatag dan Dandim 1403 Sawerigading serta sejumlah perwira Kodam dan Kodim mengaku bangga mendapat kehormatan dari kedatuan Luwu untuk menyandang gelar adata. Dirinya mengaku siap menjadi pemimpin yang menyayangi rakyatnya.

Dalam kesempatan itu, Datu Luwu menyampaikan bahwa penganuegarahan tersebut telah melalui proses panjang. “ Ini pertama kalinya seorang Pangdam memperoleh gelar adat dari kedatuan Luwu “ ujarnya seraya menekankan bahwa keputusan memberi gelar tersebut adalah kebenaran yang hakiki.  Dia pun mengingatkan bahwa dengan semakin tingginya gelar kebangsawanan yang disandang oleh seseorang maka sejatinya harus semakin tinggi pula kerendahan hatinya ditengah masyarakat.

Datu Luwu membeberkan bahwa dalam dua dasawarsa, yakni dari tahun 1998 sampai dengan 2018, Kedatuan Luwu baru menganugerahkan 1 gelar kebangsawanan dan 7 gelar adat kepada sejumlah tokoh diantaranya, H.M.Amin Rais ( ketua MPR  199-2004 ) , Ir.Akbar Tanjung ( ketua DPR RI periode 199-2004) , Megawati Soekarno Putri ( Presiden RI ke-5 ), H.Soesilo Bambang Yudhoyono ( Presiden RI ke-6 ) dan ibu negara Ani Yudhoyono , H.Syahrul Yasin Limpo ( Gubernur Sulawesi Selatan periode 2008-2018 ) , DR.Soni Sumarsono ( Pj.Gubernur Sulawesi Selatan ) dan Mayjen.TNI Surwahadi ( Pangdam XIV Hasanuddin).  

Turut hadir dalam penganuegarahan gelar tersebut yakni Wali Kota Palopo H.M>Judas Amir, MH , Wakil Bupati Luwu Utara h.Tahar Rum , dan sejumlah perwira dari kodam , Korem dan Kodim. ( red-Diskominfo Palopo )