Palopo – Pemerintah Kota Palopo bertekad meraih kembali penghargaan Kota Sehat. Penegasan itu disampaikan oleh Plt.Sekda Palopo H.Jamaluddin Nuhung, SH.MH saat menerima tim verifikasi  program kota sehat di auditorium Saokotae, rabu(4/10/2017).  Menurut Sekda, bahwa apa yang disampaikannnya  bukan hanya sebatas tekad namun telaj dibuktikan dengan sejumlah upaya dan program terencana, diantaranya pelaksanaan program BPJS Kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Palopo dengan menggunakan APBD. “ Jangankan yang miskin, yang kaya pun kita asuransikan kesehatannya “ ungkapnya sambil meyakinkan bahwa program tersebut bahkan telah ditiru oleh sejumlah kabupaten. Sekda juga menyampaikan bahwa salah satu komitmen Pemkot Palopo adalah menyediakan layanan kesehatan gratis Jemput Antar yang dapat memberi pelayanan medis secara langsung di rumah warga.

Sementara itu, ketua tim verifikasi, widyastuti  dalam kesempatan itu mengingatkan bahwa pelaksanaan program kota sehat hendaknya tidak diorientasikan pada raihan penghargaan. “ Menang itu bukan tujuan, tapi lebih dari itu bagaimana kita mampu wujudkan lingkungan yang sehat dan aman “ tandasnya.  Pelaksanaan penilaian kota sehat diawali dengan presentasi oleh ketua Forum Kota Sehat, Drs.Ansar Pandaka dihadapan tim verifikasi dan hadirin undangan yang hadir pada saat penerimaan  yang dalam pemaparannya menyampaikan sejumlah iindiktor sekaligus harapan agar Kota Palopo dapat meraih kembali predikat Kota sehat 2017. “ kami punya pengalaman 4 ( empat ) kali meraih penghargaan serupa, jadi insya Allah semoga upaya pada tahun ini dapat membuahkan hasil serupa “ tuturnya.

Pelaksanaan penilaian dan verifikasi dilakukan di 14 lokasi tatanan berbeda, diantaranya SDN 5 Salamae,Kampung KB kelurahan Pontap, Pabrik Perusda Palopo, hutan Kota Bukti Lewadang- Purangi, dan berakhir di Kantor PAM Tirta Mangkaluku.( Yulianti Arsyad_Diskominfo )