Palopo – Dalam rangka mewujudkan program kota layak anak di Palopo, Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA ) menggelar sosialisasi kota layak anak di gedung Saodenrae Convention Centre ( SCC ) Palopo, jumat( 23/2/2018). Menurut panitia penyelenggara, Asri Akib bahwa kegiatan tersebut dilaksankan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan jaringan kelembagaan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.  Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Wali Kota Palopo yang pada kesempatan itu diwakili oleh Plt.Sekda Palopo Jamaluddin Nuhung, SH.MH yang berharap agar semua pihak dapat berkomitmen memperhatikan kelangsung masa depan anak-anak agar mereka dapat berkembang dengan baik melalui layanan pendidikan, kesehatan,  ketersediaan identitas diri dan paling penting yaitu perlindungan terhadap anak dari berbagai bentuk kekerasan.

“ Pada dasarnya, pemerintah Kota Palopo sangat mendukung pelaksanaan program kota layak anak , Kita harus memastikan bahwa anak-anak mendapat tempat tersendiri dalam pembangunan tanpa ada tendensi lain yang justru dapat memudarkan orientasi utama dari program kota layak anak “ ujarnya seraya mengingatkan bahwa tujuan utama program kota layak anak adalah untuk memberi perhatian terhadap anak secara terpadu dan berkesinambungan agar mereka dapat hidup tumbuuh berkembang dengan keceriaan, dengan penuh semangat dan optimis menuju masa depan.

Pada sosialisasi tersebut, menampilkan Kepala Dinas pemberdayaan perempuan dan anak Provinsi  Sulawesi Selatan Andi Murlina PA, S.Sos selaku narasumber yang menyajikan materi tentang perlunya penguatan komitmen pembentukan kota Layak Anak “ Kota Palopo termasuk kota zona aman dan dapat dikatakan kota layak anak “ tandasnya dengan yakin seraya menghimbau agar disetiap kota harus melaksanakan Musrenbang anak agar anak dapat menyampaikan aspirasi dalam pelaksanaan pembangunan.

Sementara itu, Nur Anti SE, MT selaku Kabid pemenuhan hak dan perlindungan anak DP3A provinsi Sulawesi Selatan dalam materinya memaparkan perlunya sistem pengawasan terpadu terhadap berbagi modus kejahatan terhadap anak-anak. Dalam kesempatan itu ia mewanti-wanti orang tua agar mendampingi anak-anak dalam penggunaan media sosial termasuk menyikapi tindak eksploitasi terhadap maupun pengaruh peredaran narkoba ( Nunu_ Diskominfo Palopo )