Palopo – Sekretaris Daerah Kota Palopo, H.Jamaluddin Nuhung, SH.MH  mengatakan bahwa terdapat 3(tiga) hal yang sangat dapat merusak bangsa dan negara ini, yaitu narkoba, terorisme dan korupsi. Hal itu diutarakan saat membuka acara Bimtek P4GN BNN Palopo, hotel Harapan-Palopo, senin(31/8/2018) .Menurutnya jika ketiga hal tersebut ingin di berantas maka harus berawal dari pelaksanaan pola pendidikan dalam rumah tangga. Dihadapan peserta yang berasala dari perwakilan perusahaan swasta se-Kota Palopo, Sekda Plaopo mengajak semua orang tua agar mendidik anak - anaknya dengan baik terutama melalui pendekatan agama. Ia juga mengatakan bahwapersoalan penyalahgunaan narkoba di lingkup instansi swasta sangat berpengaruh pada bangsa.

Dalam Bimtek tersebut, BNN Palopo menghadirikan sejumlah narasumber diantaranya Asisten 1 Setda Palopo,Drs. H.Burhan Nurdin,M.Si yang dalam materinya memaparkan perlunya kebersamaan semua pihak menangani narkoba.Ia mewanti-wanti agar citra positif Palopo tidak ternodai karena pengaruh narkoba. “ Seharusnya seluruh pelaku penyalahgunaan narkoba kiranya diberikan efek jera agar dapat menekan pengaruh narkoba “ tandasnya. Ia juga berharap agar perusahaan swasta mampu memberdayakan SDM yang ada untuk melaksanakan program pencegahan narkoba agar tidak dapat menyusup kedalam perusahaan. Menurutnya karyawan swasta sangat mudah disusupi narkoba, karena karyawan memiliki pendapatan yang dapat mereka gunakan untuk mendapatkan narkoba.

Karena itu, aisten I Setda Palopo menyarankan kepada setiap perusahaan dapat membuat program positif dan bermanfaat yang dapat menggiring para karyawan ke arah yang lebih positif dan tidak terlibat pada hal-hal yang dapat merusak kariernya.Selain, asisten I Setda Palopo, dalam kesempatan itu juga mantan kadispora Palopo Andi Salahuddin Abadi didaulat sebagai narasumber kedua. ( Yulianti Arsyad_Diskominfo Plaopo )