Palopo- Pelaksanaan ritual  maccera tasi`, senin (10/4/2017) yang dilaksanakan oleh pemerintah Kota Palopo bersama masyarakat nelayan berlangsung meriah. Masyarakat nelayan berbaur dengan pejabat Pemkot Palopo menggelar ritual yang bertujuan untuk menyampaikan rasa syukur ke hadirat sang pencipta atas hasil laut yang dirasakan oleh para nelayan. Para nelayan dan pejabat se-Kota Palopo berbaur menumpangi perahu nelayan yang telah dihias untuk mengikuti proses maccera tasi yang dipusatkan di kawasan Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ) Palopo.  

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Hatta Toparakkasi mengatakan bahwa salah satu maksud diadakannya acara tersebut adalah untuk melestarikan peradaban budaya leluhur serta mengedukasi komunitas nelayan untuk senantiasa menjaga hubungan yang baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, alam serta sinergitas dengan pemerintah daerah.

Sementara itu Walikota Palopo, H.M.Judas Amir dalam kesempatan itu mengingatkan kepada para nelayan agar masyarakat senantiasa menjaga semangat persatuan. “ saya juga berharap agar kegiatan ini dapat menarik kunjungan wisawatan ke Kota Palopo “ tuturnya yang pada kesempatan itu sekaligus menyerahkan santunan kepada salah seorang nelayan bernama Alimuddin.

Hal senada Kadis Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan H.Musaffar Syah yang berharap agar kiranya tardisi maccera tasi dapat dikemas lebih menarik lagi dan dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga dapat menjadi tujuan wisata( Faisal Ibrahim )