Palopo- Dengan didampingi oleh Dandim 1403 Sawerigading Let.Kol.Inf.M.Imasfi dan Kapolres Palopo AKBP Taswin S.Ik,, Datu Luwu Andi Maradang Mackkulau, SH secara resmi meluncurkan logo dan maskot Festival Keraton Nusantara XII 2019 yang akan dipusatkan di Kota Palopo pada 9-9-2019. Peluncuran dilaksanakan di halaman istana Kedatuan Luwu, sabtu(12/5/2018) yang ditandai dengan pembukaan tirai pada papan yang telah tersedia gambar logo dan maskot FKN 2019.  Acara tersebut sekaligus dirangkaikan dengan peluncuran logo “Visit Tana Luwu “.    Logo dan maskot tersebut diluncurkan setelah panitia bentukan Kedatuan Luwu menggelar sayembara pada tanggal 23 Maret sampai dengan 7 April 2018 yang diikuti oleh 13 peserta yang didominasi peserta dari pulau Jawa.

Pada acara tersebut, ketua panitia Festival Keraton Nusantara, Brigjend TNI(Purn) Muslimin Akib, SE.MM menyampaikan bahwa logo dan  maskot tersebut mengandung makna filosofi  simbol kekayaan budaya Tana Luwu yang telah ada sejak ratusan tahun lalu..” Kami berharap semoga peluncuran ini menjadi spirit kami dalam menyukseskan momentum berharag tersebut sekaligus menjadi kesempatan kita warga Luwu untuk menyampaikan pesan bahwa rakyat Luwu memiliki kelebihan tersnediri dibanding dari daerah lainnya “ ujarnya seraya mengajak semua pihak untuk bersatu padu menyukseskan pelaksaanaan FKN di Tana Luwu.

 Sementara itu, Datu Luwu Andi Maradang Mackkulau mengatakan bahwa logo dan maskot sesungguhnya menunjukkan potensi wilayah kita yang akan kaya dengan sagu yang telah menjadi makanan pokok kita sebelum adanya beras. “ Sagu adalah simbol persatuan, sehingga kita perlu mengangkat kembali sagu  sebagai icon pemersatu “ imbuhnya seraya berpetuah agar ketenangan Tana Luwu dapat terus dijaga khususnya saat pelaksanaan Festival Keraton Nusantara.  Acara peluncuran tersebut turut pula dihadiri oleh anggota DPD RI Sulawesi Selatan Ajib Padindang ( Nurul Hikmah/ Nunu Purwati_Diskominfo Palopo )