Palopo-Dalam rangka akselerasi atau percepatan penyiapan tenaga kerja terampil di bidang IT, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Makassar menggelar bimbingan teknis Sertifikasi Kompetensi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi 70 orang angkatan kerja muda di hotel Agro Wisata Palopo, rabu(5/4/2017). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 5-8 April 2017. Menurut kepala BBPPKI Makassar, Ir.Ruslan Harun dalam sambutannya bahwa kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menyikapi persaingan yang semakin ketat dan tajam dalam memperoleh kesempatan kerja yang berdampak hanya tenaga yang berkualitas dan kompeten yang mampu bersaing dan dapat mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia di berbagai sektor.  Ia menambahkan bahwa pada tahun ini kegiatan serupa dilaksanakan di 5(lima) provinsi yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, NTT, dan Papua yang terdiri dari 25 Kabupaten/kota termasuk Kota Palopo.

Kegiatan SKKNI yang dilaksanakan BBPPKI telah berhasil mensertifikasi sebanyak 1.700 orang. “ Kami berharap agar peserta bimtek dapat belajar dengan sungguh-sungguh dan memahami, mendalami dan menggali informasi berkaitan dengan SKKNI sehingga diharapkan semua bisa lulus “ ungkapnya seraya berharap agar peserta Bimtek yang dinyatakan lulus dalam SKKNI tersebut dapat diberdayakan oleh Pemerintah daerah, khususnya dalam bidang Kominfo.

Sementara itu, Walikota Palopo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Bappeda Palopo, Drs.Firmansyah, DP.M.Si menyampaikan agar calon angkatan muda kerja bukan hanya dibina dalam bentuk pelatihan namun juga dibuatkan program pembinaan pengembangan mental dan karakter.  “ Kedepan tenaga kerja handal, bukan hanya dituntut memiliki kompetensi yang mumpuni tetapi juga harus memiliki upaya pengembangan karakter yang baik. Kemampuan skil harus selaras dengan pengembangan karakter seseorang sehingga dapat menjadi tenaga kerja yang profesional dan berkarakter “ urainya. 

Acara pembukaan turut pula dihadiri oleh sekretaris Dinas Kominfo Palopo, Abidin SE, Kabid Infrastruktur Kominfo Palopo, Ilham Tahang, Direktur LSP Computer Jakarta, Assesor dari LSP Computer Jakarta dan kepala SMK se-Kota Palopo.(Faisal Ibrahim)