Palopo – Salah satu potensi wisata andalan Kota Palopo adalah wisata perrmandian alam, Latuppa. Bagi masyarakat Palopo dan sekitarnya, daerah ini sudah tidak asing dan bahkan menjadi pilihan utama pada moment-moment tertentu untuk menghabiskan masa liburan, khususnya menjelang bulan suci Ramadhan,  liburan sekolah sampai pada musim buah-buahan. Salah satu spot andalan di kawasan permandian alam Latuppa adalah air terjun yang terdapat di Km. 9. Air terjun dengan tinggi sekitar 10 meter tersebut sangat mudah diakses. Dari pusat kota Palopo kita hanya menempuh perjalanan sekitar 10 menit setelah itu sesampainya di area parkiran, pengunjung dapat berjalan kaki sejauh 200 meter. Untuk memberi kenyaman pengunjung, Pemkot Palopo bahkan telah membuat jalan rabat beton sampai di tepian air terjun, sehingga pengunjung dapat melihat dan merasakan kesejukan hawa air terjun dari dekat, termasuk berfose ria dengan latar air terjun.

Selain itu, di sekitar air terjun terdapat sejumlah gasebo yang dapat digunakan pengunjug melepas lelah. Dengan merogoh kocek Rp. 10 ribu, anda dapat menggunakan gasebo dalam durasi 1 jam. Di lokasi yang sama terdapat sejumlah toilet.  Soal biaya, masuk ke lokasi air tejun anda tak perlu ragu, dengan uang receh 2 ribu per orang, sensasi air terjun Latuppa dapat dinikmati sepuasnya.

Selain air terjun, di Latuppa juga terdapat obyek permandian alam “ Sungai Jodoh “. Lokasinya berjarak sekitar 3 Kilometer dari air terjun. Berada sekitar 30 meter dari jalan poros Pongsimpin, anda sudah dapat menyelami dan merasakan kesejukan air sungai Latuppa. Tiap pekan,  Sungai Jodoh “ diserbu “ ratusan pengunjung dalam dan luar Palopo. Oleh sebagian masyarakat, sungai jodoh dijadikan tempat memadu kasih dan bahkan mencari jodoh. Karena itulah sungai ini sangat populer dikalangan pemuda dan remaja, meski begitu kalangan orang tua pun menjadikan sungai jodoh sebagai tempat favorit menghabiskan waktu liburan keluarga.  Suasana air yang tenang di sekitar sungai jodoh membuat lokasi tersebut juga cocok untuk buah hati anda, apalagi kelompok masyarakat selaku pengelolah lokasi itu telah menyiapkan sarana yang dapat dipakai pengunjung bersuka ria.

Soal penginapan, anda tak perlu khawatir karena di kawasan permandian Latuppa terdapat hotel agrowisata yang sangat reprsentatif, selain itu sejumlah villa dan rumah sewa dapat anda manfaatkan dengan harga terjangkau. Jadi tunggu apalagi? Kalau ke Palopo jangan lupa ke Latuppa ya ???(red-diskominfo )