Palopo – Dalam rangka mencegah politik praktis dikalangan ASN dalam momentum pilkada serentak 2018, Panwaslu Kota Palopo berencana akan menghadirkan Komisi ASN dalam waktu dekat. Hal itu disampaikan oleh Ketua Panwaslu Palopo, Syafruddin Jalal, SH saat tampil memaparkan materi pada sosialisasi netralitas ASN yang dilaksanakan oleh Panwascam Wara Utara, rabu(28/2/2018) di Hotel Harapan Palopo.

Menurut Jalal, begitu sering ia disapa bahwa keberadaan  ASN yang jumlahnya tidak sedikit, memiliki peluang yang cukup besar untuk dimanfaatkan oleh pihak tertentu dalam memobilisasi dukungan terhadap pasangan calon secara massif melalui jalur birokrasi, sehingga upaya pencegahan keterlibatan ASN dalam politik praktis harus ditindak lanjuti. “ Biarlah rekan-rekan ASN ini bekerja dan fokus melayani masyarakat secara profesional, jangan sampai dipengaruhi untuk melakukan politik praktis “ tandasnya seraya mengingatkan ASN untuk tidak menganggap enteng aturan yang dapat menjerat jika melakukan tindakan politik praktis. “ Jika sampai terbukti , maka sanksinya dapat merugikan karier ASN..jadi ASN jangan main sirkus dalam politik  “ ucapnya lagi.  Dirinya berharap agar kedatangan Komisi ASN dalam waktu dekat mampu membuka pemahaman sekaligus kesadaran secara komprehensif  ASN tentang arti penting netralitas dalam pilkada. Berkaitan dengan itu pula, dia juga mengatakan bahwa pihaknya telah menyebarkan surat edaran Mendagri tentang netralitas ASN.   

Dalam kesempatan yang sama Jalal juga mewanti-wanti agar praktik politik uang dalam pilkada hendaknya dijauhi, karena menurutnya selain akan menjerat pelaku yakni penerima dan pemberi uang  juga dapat mengancam pasangan calon terkena denda diskualifikasi. “ Mengingat jumlah kami sangat terbatas dalam mengawasi beragam pelanggaran dalam pilkada, maka kami juga berharap adanya pengawasan partisipatif dengan melibatkan masyarakat secara aktiv untuk mau melaporkan pelanggaran yang dilihatnya “ ucapnya.  Sosialisasi netralitas ASN oleh Panwascam Wara Utara dibuka secara langsung oleh asisten I Setda Palopo, Drs.H.Burhan Nurdin, M.Si dan dihadiri oleh perwakilan OPD dan kelurahan se-Kecamatan Wara Utara ( Yulianti Arsyad_red Diskominfo Palopo )