Palopo – Empat hari menjelang hari raya natal, sejumlah harga bahan pokok di Pusat Niaga Palopo ( PNP ) mengalami fluktuatif.  Namun demikian, secara umum perubahan harga tersebut tidak mengalami dampak yang signifikan. Bahan pokok yang mengalami fluktuasi diantaranya beras sentana yang biasanya diperjualbelikan Rp.9.700/ Kg, kini menjadi Rp. 10.000/ kg, beras ketan putih juga mengalami kenaikan 2.000,- yang tadinya dipasarkan dengan harga Rp.13 ribu kini pembeli harus merogoh uang Rp.15 ribu /kg.  

Ayam ras juga mengalami fluktuatif, bahkan menurut sejumlah pedagang harganya berubah 3 kali dalam sepekan terakhir yakni mulai dari harga Rp. 16 ribu , Rp. 18 ribu Rp. sampai 20 ribu /kg. sementara itu, bawang putih harganya justru mengalami penurunan yang tadinya dijual dengan harga Rp. 25 ribu/ kg kni dapat dibeli dengan Rp 23 rbu / kg.  Sedangkan gula pasir dan gula aren juga harganya masih stabil, demikian halnya dengan sejumlah bumbu masakan dan kue.

Kabid perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Palopo, Nurpati yang memimpin langsung peninjauan harga di PNP, rabu(20/12/2017) mengatakan bahwa meskipun sejumlah kebutuhan mengalami turun naik harga, namun pada umumnya dapat dikatakan stabil. “ Yang terpenting pasokan bahan pokok bagi masyarakat jelang natal dan tahun baru ini masih dalam keadaan aman “ ujarnya meyakinkan sembari mengatakan bahwa selain PN phaknya juga memantau perkembangan harga di Pasar Andi Tadda ( PAT) termasuk sejumlah distributor dalam rangka memberi kejelasan informasi pada masyarakat yang selalu mengkhawatirkan terjadinya kelangkaan barang bahan pokok. Peninjauan harga bahan pangan di PNP dilakukan oleh jajaran Dinas perdagangan dan dimpingi oleh staf PNP dan personel Polres Palopo ( red_ diskominfo)