Palopo-Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati pada 12 November setiap tahunnya, untuk Kota Palopo HKN ke 51 Tahun ini, dirangkaikan dengan kegiatan pekan olahraga dan seni (Porseni) se Luwu Raya yang di pusatkan di Kota Palopo.  Pelaksanaan Porseni dalam lingkup Insan Kesehatan se Luwu Raya ini dibuka langsung oleh Sekretaris daerah Kota Palopo Ir.H.Muhammad Kasim Alwi, Kamis, 05/11/15 di Stadion Lagaligo Kota Palopo.
Pada kesempatan itu, Kasim Alwi, memberikan apresiasi kepada seluruh unsur kepanitiaan yang sukses melaksanakan kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan dengan melibatkan unsur kesehatan se Luwu Raya. Momentum ini juga diharapkan dapat menjadi wahana pemersatu bagi insan kesehatan se Luwuraya.
Pada peringatan HKN ke 51 ini, ada beberapa pesan dan harapan dimana kita semua patut bersyukur dan berbangga bahwa sektor kesehatan merupakan salah satu perioritas pembangunan di Kota Palopo. Komitmen ini disamping sebagai upaya untuk memastikan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang optimal, sekaligus juga untuki memberi spirit kepada seluruh insan kesehatan bahwa peran dan fungsi yang selama ini dijalankan perlu mendapatkan perhatian yang serius.
Selanjutnya, momentum ini juga di harapkan dapat mewujudkan pelayanan prima pada sektor kesehatan yang bukan hanya di tentukan sejauh mana tingkat keberpihakan kebijakan pemerintah maupun peningkatan anggaran sektor kesehatan, melainkan membutuhkan penguatan mental dan skill insan kesehatan Kota Palopo.
" melalui porseni ini dapat dimaknai sebagai upaya menstimulasi peningkatan kualitas kinerja jajaran kesehatan se kota Palopo secara khusus dan se Luwu raya secara Umum," ungkapnya.
Sementara itu, Kepala dinas kesehatan Kota Palopo Dr. Ishak Iskandar dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dipusatkan di Kota Palopo ini selain sebagai wahana penyaluran hoby dan bakat masing masing insan kesehatan, juga diharapkan sangat membantu pembentukan dan penguatan mental karakter insan kesehatan Kota palopo dan wilayah- wilayah di sekitarnya.
Dr. Ishak juga mengharapkan jajaran kesehatan se Kota Palopo dapat menjadi insan yang memiliki karakter jujur, humanis dan mengedepankan religiutas, karenanya dengan kuantitas insan kesehatan saat ini kiranya dapat lebih dimaksimalkan agar semua masyarakat dapat merasakan terlayani dengan baik dan prima.
Ketua Panitia Peringatan HKN ke 51, Ns.Taufik, S.Kep. M.Kes, dalam laporannya menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan porseni dalam rangkaian HKN tahun ini selain sebagai ajang temu kangen dan bertukar informasi antar tenaga kesehatan se Luwu Raya guna memberikan pelayanan  yang terbaik kepada masyarakat.
Ini juga di harapkan menjadi momentum untuk meningkatkan semangat kepedulian dan komitmen serta gerakan nyata pembangunan kesehatan yang harus terus di perjuangkan oleh seluruh komponen bangsa.
Untuk pelaksanaan kegiatan di mulai pada 5-10 November 2015 yang dipusatkan di beberapa titik di Kota Palopo, dan adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, kegiatan ilmiah, porseni dan Bhakti sosial.
Pelaksanaan rangkain acara kegiatan HKN ke 51 dibuka langsung oleh Sekda Kota Palopo didampingi oleh Unsur Muspida Kota Palopo yang ditandai dengan pemukulan gendang. Prosesi pelaksanaan kegiatan diawali dengan Devile Kontingen dari berbagai Instansi dan Intitusi Kesehatan Se Luwu Raya dan pertandingan eksebisi Bola antara Insan Kesehatan Se Luwu Raya dengan Pemerintah Kota Palopo (hms)