Palopo- Pemerintah Kota Palopo menggelar upacara peringatan Hari Jadi ke-348 Provinsi Sulawesi Selatan di halaman kantor gabungan dinas, kamis(19/10/2017). Kepala Bappeda Firmasnyah DP, MH bertindak selaku inspektur upacara yang membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Selatan. Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur menyampaikan bahwa saat ini Provinsi Sulawesi Selatan telah maju, mandiri dan modern. Kemajuan Sulawesi Selatan terbukti dengan tingginya pertumbuhan ekonomi yang berada diatas 7, 4 persen.  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kini berada pada posisi 14 yang sebelumnya berada pada posisi 23. APBD Sulawesi Selatan pun meningkat drastis yang pada tahun 2008 hanya sebesar 2,39 Trilyun sekarang telah mencapai 9,14 Trilyun lebih.

Kemandirian Sulawesi Selatan terbukti pada kamampuan mewujudkan overstock beras 2,4 juta ton yang mensuplai kebutuhan beras 17 provinsi, peningkatan produksi jagung sebesar 2,21 Juta Ton yang menguukuhkan posisi SulSel sebagai  subtitusi Jagung import, produksi rumput laut juga meningkat yakni 3,40 juta ton atau setara dengan 3,9 trilyun rupiah, sedangkan produksi kakao bahkan mencapai 152 ribu ton atau 60% persen dari produksi kakao Indonesia, sementara dari peternakan populasi sapi Sulawesi Selatan juag semakin menggembirakan yakni dengan capaian 1,4 juta ekor.

Gubernur SulSel menegaskan bahwa dengan capai tersebut Sulawesi Selatan sudah on the right track menjadi pilar utama untuk menjadikan Indonesia makin maju, terhormat dan bermartabat. Dipenghujung sambutannya, tak lupa Gubernur menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berkonstribusi membangun Sulawesi Selatan.  Tampak hadir dalam upacara tersebut diantaranya Ketua DPRD Palopo, Harisal Latief yang juga tampil membacakan sinopsis sejarah hari jadi SulSel, kepala OPD , camat dan lurah se-Kota Palopo, kepala Lapas klas II a Palopo, sejumlah perwakilan Fokominda.  Dalam upacara tersebut pejabat eselon 2, 3 dan kepala sekolah menggunakan pakaian adat ( red-diskominfo )