Palopo- Wakil Wali Kota Palopo, Ir.H.Rahhmat Masri Bandaso (RMB) sangat berharap kehadiran Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) di Kota Palopo, sebab menurutnya sampai dengan saat ini hanya Madrasah Ibtidaiyah Swasta yang ada itu pun jumlahnya masih sangat terbatas.  Hal itu disampaikan oleh RMB dihadapan jajaran kementrian agama Kota Palopo saat menghadiri acara ramah tamah Hari Amal Bakti ke-73 Kementrian Agama R.I di Saodenrae Convention Centre ( SCC ), Kamis (3/1/2019). Menurutnya keberadaan MIN sangat dibutuhkan untuk melahirkan generasi muslim yang berkualitas melalui konsep pembinaan karakter usia dini.  Dirinya berharap agar dengan hadirnya MIN akan melengkapi perangkat sekolah berbasis agama lainnya yang telah ada diantaranya yaitu Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Madrasah Aliyah Negeri.

Selain MIN, RMB juga berharap kedepan di Kota Palopo dapat diusulkan pembentukan MTsN Model sebab menurutnya antusiasme masyarakat untuk mendidik anaknya di sekolah berbasis agama makin meningkat. Pada kesempatan itu, RMB juga mengungkapkan kembali komitmen pemerintah Kota Palopo untuk terus memberi perhatian terhadap petugas keagamaan dan guru agama se Kota Palopo. “ Alhamdulillah anggarannya sudah diakomodir, selain itu kami juga telah mengusulkan penganggaran bantuan pakaian seragam untuk anak sekolah, termasuk bantuan SPP bagi mahasiswa ‘ ujarnya seraya mengajak jajaran Kemenag menjadi tauladan masyarakat dalam melaksanakan kewajiban membayar zakat profesi. Pada bagian lain dalam sambutannya, RMB juga mengajak jajaran kemenag untuk mendukung pemerintah Kota Palopo dalam mewujudkan kondusifitas dalam momentum politik tahun 2019.  

Menanggapi sambutan Wakil Wali Kota Palopo, Kepala Kemenag Kota Palopo Drs.H.Usman menyampaikan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan program pembangunan Madrasah Ibtidaiyah Negeri  di Kota Palopo. “ rencana ini ditempuh karena melihat diantara kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, hanya Kota Palopo yang belum memiliki MIN “ ujarnya seraya mengajak seluruh komponen umat beragamadi Kota Palopo agar senantiasa menghargai dan saling menjalin silaturahmi serta kebersamaan. ( Nunu Purwati_Diskominfo Palopo )