Palopo- Rencana pembukaan route penerbangan Makassar-Palopo ( UPG-LLO)  oleh maskapai Garuda Indonesia pada bulan Desember 2017 mendapat respon positif dari berbagai kalangan masyarakat di Kota Palopo, tak terkecuali Kadis Pariwisata, Andi Enceng, SE.M.Si. Komitmen maskapai plat merah yang telah lama dinantikan oleh masyarakat tersebut akan berdampak positif bagi pengembangan dan  kemajuan sektor kepariwisataan.

Saat dihubungi oleh kru www.palopokota.go.id,  Optar demikian ia kerab disapa menegaskan bahwa bertambahnya maskapai melakukan penerbangan ke Bandara La Galigo-Bua ( LLO) akan memberi keuntungan yang sangat signifikan bagi Kota Palopo dan dapat memicu pertumbuhan sektor pariwisata. “ Komitmen Garuda Indonesia akan memudahkan wisatawan dalam memperoleh layanan transportasi yang nyaman , sehingga tak perlu lagi menempuh perjalanan darat yang cukup lama dan melelahkan “ ujarnya.

Menyikapi rencana penerbangan Garuda Indonesia pada pertengahan Desmber 2017, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi secara intens dengan berbagai pihak diantaranya PHRI, pengusaha TAXI, dan semua stakeholder kepariwisataan di kota Palopo untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan menyiapkan layanan maksimal bagi setiap pengunjung. “Terbangnya Garuda ke Tana Luwu melalui Bandara La Galigo akan membuat kami lebih agresif dalam rangka mempromosikan berbagai destinasi wisata andalan Kota Palopo “ ujarnya. Bandara La Galigo di kecamatan Bua_ Kabupaten Luwu hanya berjarak sekitar 14 Km arah selatan Kota Palopo. saat ini bandara tersebut didarati oleh maskapai Wings Air yang melakukan penerbangan sejak 26 oktober 2016 dengan jadwal penerbangan tiap hari dari Makassar ke Bua (LLO : Palopo_red) dan sebaliknya. ( red-Diskominfo )