Palopo –Anda tentu sudah akrab dengan dodol durian. Namun bagaimana dengan dodol Patikala ( kecombrang )?. Dodol yang satu ini memang terbilang baru. Namun rasanya yang khas mengantarkan dodol patikala memperoleh apresiasi pada lomba inovasi yang digelar oleh Balitbangda Palopo di auditorium saokotae, kamis(5/10/2017). Pemanfaatan Dodol Patikala oleh masyarakat Palopo dan sekitarnya selama ini hanya sering dipakai sebagai pelengkap dalam makanan kapurung ( makanan khas Tana Luwu ), namun ditangan Dra.Suryati( guru SMKN I Palopo), buah patikala yang memiliki rasa asem tersebut diubah menjadi panganan dan cemilan yang diharapkan dapat menjadi ciri khas Palopo.

Dra.Suryati mengatakan bahwa produk olahannnya tersebut telah dipublikasikan melalui media sosial dengan harapan masyarakat dapat lebih mengenal dan mencoba rasa dodolnya.

Setelah mempresentasikan hasil olahan tangannya dihadapan dewan juri dan para undangan, akhirnya dodol Patikala meraih juara 3 ( tiga) dalam lomba inovasi kategori Teknologi Tepat Guna. Selain dodol Patikala, inovasi tong dan kotak sampah ajaib milik Dr.Rustam( dosen IAIN Palopo ) juga meraih penghargaan dalam acara yang dibuka resmi oleh wali Kota Palopo, H.M.Judas Amir, MH ( red-diskominfo )