Palopo- sekitar 500 orang petani dari berbagai Gabungan Kelompok Petani ( Gapoktan ) se-Kota Palopo memadati kantor dinas pertanian dan peternakan, rabu 09/08/17 dalam rangka menerima bantuan alat mesin pertanian ( alsintan) dan alat pasca panen dari pemerintah. Bantuan tersebut dibagikan secara simbolis oleh Wali Kota, H.M.Judas Amir didampingi oleh Kapolres Palopo AKBP Taswin, Dandim 1403 Sawerigading Let.Kol.Kav. Cecep T Sutendi, Ketua DPRD Palopo Harisal Latief  kepada masing-masing Gapoktan yang telah terdata untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Adapun jenis bantuan yang disalurkan pada keempatan tersebut antara lain, combaign 10 unit, traktor tangan 38 unit, mesin tanam 13 unit, cultivator 8 unit, dan pompa air 20 unit. Selain, itu bantuan yang bersumber dari APBN tersebut terdapat pula pupuk organik dan bibit unggul seperti padi dan jagung. Bantuan diterima langsung oleh sejumlah perwakilan dari tiap kelompok yaitu, Ruhadi dari kelompok tani Sipatuo Salu Battang, Bahrum Hamid dari kelompok tani Untung Bau II Ppadang Lambe, Ramidi dari kelompok tani Mattirowali I Jaya, Frans dari kelompok tani Lappo Lebang, Rusman dari kelompok tani Sejahtera Battang, Abd. Waris dari kelompok tani Alam Lestari Battang Barat, Junaid dari kelompok tani Jaya Mandiri Jaya, Suprihatin dari kelompok tani Padang Tiku Rampoang dan Risna Pari dari kelompok tani lestari Purangi.

Wali Kota Palopo yang melihat dan mengecek langsung sejumlah alsintan tersebut mengingatkan kepada para petani untuk tidak menggunakan alat mesin pertanian tersebut di luar wilayah Kota Palopo.” Jangan sampai saat panen di Wajo atau Mangkutana ( Luwu Timur ) alat ini beroperasi di sana, jangan..ini hanya untuk di Kota Palopo “ tandasnya seraya berharap agar alat tersebut digunakan sebaik mungkin demi mendukung peningkatan prooduktivitas lahan pertanian di Kota Palopo

Sementara itu, Kadis Pertanian Harisman, mengatakan bahwa penyaluran alsintan ini adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat dengan melakukan lobi di pemerintah pusat dengan harapan tahun depan akan ada lagi bantuan serupa. (Faisal Ibrahim_Diskominfo)