Palopo. Peringatan Hari Jadi ke-15 Kota Palopo dihelat dilapangan Gaspa Palopo, rabu(6/7/2017). Peringatan dengan nuansa biru tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, H.Syahrul Yasin Limpo beserta sejumlah anggota DPRD SulSel asal Tana Luwu diantaranya, Husmaruddin, Marjono dan Irwan Hamid.

Hari Jadi Kota Palopo yakni 2 Juli, namun perayaannya diundur karena bertepatan dengan hari libur pasca lebaran. Tahun ini tema yang diangkat pada Hari jadi ke 15yakni “Bekerja Cepat, Tuntaskan Pembangunan”. Acara tersebut diawali dengan devile prestasi yang dicapai oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Palopo. Puluhan tropi, sertifikat dan penghargaan prestasi tingkat regional dan nasional dipertunjukkan oleh jajaran Pemkot Palopo dihadapan Gubernur, sejumlah perwakilan kabupaten/kota dan ribuan undangan.

Walikota Palopo H.M, Judas Amir dalam sambutannya menyampaikan bahwa angka harapan hidup penduduk selama 76 tahun serta masalah yang dihadapi warga telah diberi solusi untuk peningkatan kualitas hidup termasuk di bidang ekonomi, pendidikan,  kesehatan dan sandang pangan. "Sejarah kota ini telah terbentang jauh, namun sejarah terbaik adalah pada tanggal 2 Juli tahun 2002 setelah mendapat status sebagai daerah otonom," ujar beliau.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa kota Palopo memiliki peran yang besar terhadap perkembangan perekonomian Sulawesi Selatan.. "Kota Palopo telah memperlihatkan akselerasi ekonomi yang kuat dan sumbu keuangan daerah,  orang-orang merujuk kesini baik untuk kesehatan dan pendidikan oleh sebab itu tolong dijaga, ini baik untuk kita, rakyat dan anak-anak kita," ungkap beliau dan berharap agar masyarakat Palopo bisa lebih baik termasuk dalam menyambut event politik kedepan.Hadir pada kesempatan itu, ketua DPRD Palopo, Wakil Walikota Palopo, Bupati Luwu Andi Muzakkar, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam dan mantan wakil walikota Palopo, H.Rahmat Masri Bandaso. (Faisal Ibrahim-Diskominfo)