Palopo – Keberadaan Kawasan Teluk Bone menjadi bahasan utama Datu Luwu bersama pemerintah daerah se-Tana Luwu saat menggelar dialog pengembangan kawasan teluk Bone di istana kedatuan Luwu, sabtu(12/5/2018).   Dalam kesempatan itu, Datu Luwu H.Andi Maradang Mackkulau, SH mengingatkan semua pihak bahwa keberadaan kawasan teluk Bone bukan saja untuk kepentingan orang Luwu tapi juga menjadi kepentingan semua pihak, khususnya 23 wilayah yang berada dan masuk dalam kawasan teluk Bone.

“ Teluk Bone memiliki peran dan andil besar dimasa lampau dan tidak boleh diabaikan begitu saja,sebab sejak dulu sampai sekarang teluk Bone telah membantu kesejahteraan kita bersama, kawasan ini adalah pemersatu diantara kita orang bugis, dan warga Sulawesi Tenggara “ tandasnya seraya berharap agar pada pelaksanaan FKn 20198 mendatang akan ada kegiatan yang secara khusus menggambarkan keberadaan teluk Bone.

Sementara itu, Wakil Bupati Luwu Utara M.Tahar Rum pada kesempatan itu agar pengelolaah atau pun pengembangan kawasan Teluk Bone hendaknya melibatkan semua pemerintah daerah yang berada dalam kwasan tersebut.Hal senada diutarakan oleh Dr.H.Ajib Padindang SE,MM anggota DPD RI yang mengusulkan agar pengembangan kawasan teluk Bone harus melalui gagasan dan konsep yang mengedepankan sinergitas untuk selanjutnya diproyeksikan sebagai kawasan unggulan di  Indonesia. “ Kalau perlu kita gagas event festival teluk bone atau sail teluk Bone “ ujarnya yang pada kesempatan itu disematkan pin kedatuan Luwu. ( Nurul Hikmah / Nunu Purwati _Diskominfo Palopo )