Palopo- Salah satu rangkaian kegiatan Festival Kota Pusaka tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Bappeda Kota Palopo adalah dengan menggelar city tour yang melibatkan siswa(i) sekolah dasar. Seperti yang terlihat pada hari Jumat (17/3/2017) sebanyak 30 orang siswa SD mendapat kesempatan mengunjungi sekaligus mengenal lebih dekat 3(tiga) situs bersejarah di Kota Palopo, yaitu kantor Kodim 1403 Sawerigading, istana kedatuan Luwu dan Masjid Jami tua Palopo.  Dengan dipandu oleh guide para siswa(i) mendapat penjelasan tentang sejarah dan eksistensi ketiga bangunan tersebut.  Di Kantor Kodim 1403 Sawerigading misalnya, para siswa diperkenalkan bahwa kayu yang dipakai membangun gedung tersebut yakni jenis ulin berasal dari pulau Kalimantan. Selama berada di gedung yang dibangun tahun 1921 itu, para siswa(i) juga diajak berkeliling dari satu ruang ke ruang lainnya. 

Demikian halnya ketika berkunjung ke istana Datu Luwu, para siswa(i) diajak mengenal sejumlah peralatan dan benda antik milik kedatuan Luwu, serta nama-nama pemangku adat di istana yang terletak di kecamatan Wara itu.

Salah seorang siswa, nusul mengaku senang mendapat kesempatan berkunjung ke tempat bersejarah itu, apalagi dirinya berhasil mendapatkan bingkisan yang disediakan oleh panitia penyelenggara. Selain melihat dan menyimak penjelasan guide, tampak sebagian siswa ikut berpose dengan latar bangunan sejarah itu.

Menurut panitia penyelenggara, Zulham A.Hafid, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat kecintaan serta menambah wawasan kesejarahan bagi generasi muda Kota Palopo (hrst)