Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Cegah BAB sembarang, Dinkes gelar Workshop

Diskominfo Selasa, 28 Agustus 2018 Kesra 1458 Kali
Suasana pelaksanaan workshop STBM ( foto: Hamka_Diskominfo Palopo )

Palopo- Dinas kesehatan Kota Palopo gelar workshop pengembangan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di hotel Harapan- Palopo, senin (27/08/2018). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh kepala dinas kesehatan Kota Palopo, DR.dr.H.M. Ishaq Iskandar, M.Kes. Sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) adalah suatu pendekatan untuk memobilisasi masyarakat guna membebaskan secara tuntas kebiasaan buang air besar sembarangan dengan pemberdayaan masyarakat melalui pemicuan. Secara umum program tersebut dimaksudkan untuk memperbaiki kondisi sanitasi dalam rangka menurunkan prevalensi stanting di Indonesia melalui perubahan perilaku sanitasi dan higiene masyarakat. Perubahan perilaku sanitasi dan higiene dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan akses terhadap sanitasi.

Kasi kesehatan lingkungan (Keslink) Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesjaor) Dinkes Provinsi Sulawesi Selatan, Kasri, S.Km. M.Kes, yang hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut memaparkan bahwa STBM adalah sebuah program pendekatan untuk memperbaiki kesehatan lingkungan masyarakat yang meliputi lima indikator kesehatan lingkungan. Yang pertama yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAMM-RT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PS-RT) dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC-RT).“ Untuk menunjang terwujudnya lima pilar tersebut, pelaksanaan STBM memerlukan dukungan dan koordinasi yang baik di antara pemangku kepentingan sehingga program tersebut bisa terimplementasikan dengan baik “ ujarnya.

Sementara itu, pihak dinas kesehatan Kota Palopo menjelaskan bahwa progres universal akses untuk program STBM saat ini sudah mencapai 90.5% dari target 100% dan harapannya setelah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait dapat mewujudkan target 100% tersebut.  Program tersebut diharapkan dapat di laksanakan diberbagai tingkatan termasuk dikantor instansi pemerintah, tingkat kecamatan hingga ke kelurahan sehingga dengan begitu program STBM bisa diaplikasikan secara merata ke seluruh lapisan masyarakat.Turut hadir dalam kegiatan tersebut kepala bappeda kota palopo, direktur PAM tirta Mangkaluku, kepala OPD, Camat dan lurah serta beberapa perwakilan Puskesmas se-Kota Palopo.(Faisal Ibrahim_Diskominfo Palopo )