Palopo - Sebanyak 40 orang pejabat eselon IV lingkup Pemkot Palopo mengikuti Diklat kepemimpinan IV Angkatan CCCVI (306) Tahun 2018 di hotel Kamanre, Palopo, selasa (06/03/2018).  Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Palopo bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan tersebut dibuka secara resmi oleh Pjs Wali Kota Palopo, Andi Arwien Asiz. S.STP.

Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa dengan diadakannya Diklatpim IV tersebut diharapkan dapat menciptakan inovasi baru sehingga Kota Palopo dapat lebih maju dan berkembang seperti yang diharapkan bersama. "Masyarakat berharap agar kita selaku pemerintah bisa selalu bekerja dengan baik sehingga dengan begitu otomatis daerah ini akan terbangun dengan baik " ujarnya seraya mengingatkan para peserta agar kiranya tetap menjaga dan mengedepankan kewajiban sebagai umat muslim, " Jika adzan telah berkumandang, diharapkan segala aktifitas belajar mengajar dalam kegiatan dapat dihentikan sejenak dan segera untuk menunaikan kewajiban kita selaku umat muslim" tegasnya.

Sementara itu kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dapat menjadikan pribadi yang lebih progresif, inovtif dan selalu berpikir untuk lebih maju serta menjunjung tinggi kemandirian dalam mengambil tindakan perubahan. "Marilah menjadikan diri seorang pribadi yang layak menjadi panutan oleh masyarakat. Membangun suatu daerah dengan karya sendiri tanpa sering bertanya kepada om google ataupun tante yahoo karena dengan begitu, energi kreatifitas yang ada dalam diri kita bisa benar-benar terolah dengan baik dan benar"  ucapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa salah satu persyaratan yang harus dimiliki pejabat eselon IV adalah kepemiminanan operasional, oleh sebab itu untuk membekali kompetensi kepemimpinan operasional, maka diperlukan  diklat kepemimpinan  yang inovatif dimana diklat tersebut akan membekali eselon IV dengan kemampuan merancang suatu perubahan di unit kerjanya masing-masing dan memimpin perubahan tersebut hingga mencapai suatu hasil. “Melalui pola baru ini diharapkan peserta tidak hanya sekedar menguasi kompetensi dan kemampuan namun ditujukan melalui hasil kerja mereka” lanjutnya. Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran BPSDM Provinsi SulSel, kepala BKD Kota Palopo, Kepala BPKAD, Danramil Wara, perwakilan Kajari Palopo. ( Faisal Ibrahim_Diskominfo Palopo )