Palopo – Menyandang status sebagai mantan pengguna narkoba ternyata tidak mengenakkan. Stigma masyarakat yang seringkali masih memandang negativ para mantan pengguna narkoba membuat mereka sedikit terkucilkan. Untuk menepis anggapan tersebut, kelompok pemuda dan remaja mantan pengguna narkoba mencari solusi tepat agar mereka tidak lagi dipandang sebagai “ sampah masyarakat “ . hal itu telah ditunjukkan oleh komunitas “ Jaringan Anti Narkoba “ atau Jantan di kelurahan Songka, Kecamatan Wara Selatan.  Dengan bermodalkan semangat dan kemauan yang tinggi, mereka akhirnya membentuk komunitas sebagai upaya menyibukkan diri pada kegiatan positif sekaligus menyalurkan kreativitas mereka.

Kini, komunitas yang dikomandoi oleh Muh.Syukur Rani tersebut telah mampu menghasilkan sejumlah kerajinan tangan yang bernilai ekonomis tinggi. Dengan beranggotakan 10 orang pemuda yang dominan mantan penggunan narkoba, mereka bahkan telah mampu menjauhkan para pemuda dari pengaruh narkoba, dan berfokus pada kesibukan mereka saat ini membuat kerajinan diantaranya, kursi dan mejai, Vas bunga, lampion dan sejumlah kreasi lainnya.

Komunitas yang bahkan kini tercatat dalam akta notaris tersebut sudah terbentuk satu tahun terakhir dan mereka dibna langsung oleh BNN Palopo. Muh.Syukur mengatakan bahwa dengan komunitas tersebut dia dan rekan-rekan kini dapat move on dari masa lalu yang kelam. “ semoga kami tidak lagi ke lembah nista tersebut “ tuturnya pada Tim liputan Diskominfo saat pembukaan pelatihan life skill di Songka, sabtu(16/12/2017).

Sementara itu, Hilmi selaku konselor yang mendapingi komunitas tersebut mengatakan bahwa pihaknya juga memberi pelatihan las, servis motor serta daur ulang barang bekas.  Untuk lebih meningkatkan kreativitasnya, komunitas Jantan berharap ada bantuan serta dukungan dari Pemerintah Kota Palopo, seperti lokasi Workshop yang dapat mereka tempati menuangkan ide serta mengerjakan buah tangan mereka yang laik jual.

“ Kami berharap, bila upaya kami didukung, insya Allah para pemud ini tidak lagi rentan terhadap peradaran dan penggunaan narkoba, dan kami pun tetap berupaya menggaet rekan kami yang saat ini masih terjerat penyalahgunaan narkoba “ ujarnya dengan nada optimis. Kini hasil karya Komunitas Jantan akan siap dipasarkan, dan bila anda berminat silakan hubungi sekretariatnya di jalan Yogi S. Memet, Songka ( red-Diskominfo )