Palopo- Bertempat di Hotel Mulia Indah-Palopo, Dinas kesehatan Kota Palopo menggelar sosialisasi Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD ) bagi jajaran Puskesmas se-Kota Palopo, jumat(10/11/2017).  Sosialisasi tersebut dilaksanakan dalam rangka penerapan BLUD di Puskesmas yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal itu diungkpakna oleh Kads Kesehatan Palopo, DR.dr.H.Ishaq Iskandar, M.Kes saat membuka acara tersebut. Dirinya mengungkapkan bahwa dengan status BLUD, kedepan Puskesmas diharapkan dapat lebih berdaya, mandiri dan mampu memberi pelayanan optimal dengan tetap mengedepankan sisi kemanusiaan.

“Dengan status sebagai BLUD setipa Puskesmas bahkan dapat mandiri dalam melakukan pengelolaan keuangan serta mengupayakan sumber keuangan yang dapat membantu menunjang operasional layanan kesehatan tanpa harus meninggalkan tugas pokoknya yaiut melakukan upaya promotif dan preventif “ ujarnya seraya berharap agar tenaga kesehatan di Puskesmas dapat meningkatkan profesionalismenya dalam melayani masyarakat.

Sementara itu, salah satu pemateri dari BPKPHeru Abrianta dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa dengan status BLUD yang disandang setipa Puskesmas memungkinkan dapat membuka layanan klinik bagi masyarakat yang dapat menunjang tugas pokoknya, namun dia meminta juga agar pengelolaan keuangan tetap memperhatikan prinsip akuntabel dan transparansi. “ perlu dipahami bahwa dengan BLUD , puskesmas tidak harus bersifat komersil yang akhirnya menimbulkan kesalahan persespsi dikalangan masyarakat “ ujarnya.  Kegiatan tersebut dikuti oleh sejumlah kepala Puskesmas se-Kota Palopo dan pemangku kepentingan lainnya. ( Yulianti Arsyad-red_diskominfo )