Palopo-Pemanfaatan media sosial sebagai sarana penyebaran infomasi dinilai sangat efektif dalam menyampaikan pesan pada khalayak, termasuk dalam rangka berkampanye menyampaikan program, visi dan misi masing masing calon kepala daerah. Akan tetapi tidak dibenarkan jika media sosial digunakan untuk menyebar ujaran kebencian, SARA dan kampanye hitam, karena hal itu dapat mengancam keutuhan bangsa dan jauh dari nilai-nilai Pancasila. Hal itu ditegaskan oleh Kapolsek Wara Kota Palopo, Kompol Arsyad Kaonga kepada  masyarakat dan segenap ASN lingkup Pemkot Palopo yang hadir dalam kagiatan sosialisasi netralitas ASN menjelang pilkada di RM. Lufanza, Palopo, selasa( 20/02/2018). Dia menyampaikan bahwa berpolitik dimedia sosial yang menyebarkan ujaran kebencian dan politisi SARA perlu diredam guna mencegah terjadinya polarisasi masyarakat yang mengakibatkan ancaman bagi persatuan dan kesatuan bangsa. “Politik kampanye semacam itu sangat berbahaya karena bisa mengoyak sendi-sendi bangsa. Mari kita bersama-sama meminimalisir dan mencegah ujaran kebencian malalui media apapaun, justru kita berharap media sosial mampu memuat pemberitaan yang memiliki etika, agar tidak mencederai pilkada" tandasnya.

Sementara itu pihak Panwaslu Kota Palopo menjelaskan terkait hal tersebut bahwa masyarakat harus cerdas dan selektif dalam menyimpulkan sebuah berita atau informasi yang beredar dimedia apapun termasuk media sosial. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi, koordinasi dan komunikasi dengan harapan semua masyarakat bisa faham dan mengerti terkait pentingnya tidak menyalahgunakan media sosial dan bisa menggunakannya secara bijak menjelang pilkada tahun ini.

Kegiatan sosialisasi tersebut turut dibuka oleh asisten I Setda Palopo, Drs.H.Burhan Nurdin, M.Si yang dalam sambutannya mengatakan bahwa ASN dilarang memposting photo bersifat dukungan kepada calon kepala daerah yang maju dalam pilkada, karena hal itu termasuk mengarah pada sikap dan tindakan keberpihakan pada satu calon.  Turut hadir dalam kesempatan itu, diantaranya kepala BKD Palopo, Camat Wara dan segenap jajaran ASN Pemkot Palopo.( Faisal Ibrahim_Rizaldi_Diskominfo Palopo )