Palopo- KNPI Palopo bekerjasama dengan Pemkot Palopo dan Universitas Andi Djemma Palopo menggelar seminar sehari yang mengusung tema “ Etika lingkungan pembangunan daerah dalam mewujudkan pengelolaan ingkungan hidup berkelanjutan “ di auditorium Saokotae, rabu(12/7.2017). Seminar tersebut menghadirkan 3(tiga) narasumber, yakni Prof.Dr.Abdul Hakim, M.Si ( direktur Pasca sarjana Univ.Brawijaya Malang), Ir.H.Rahmat Masri Bandaso, M.si ( mantan Wakil Walikota Palopo ) dan Abd.Rahman,SH.MH ( presidium Dewan Kehutanan Nasional ).

Acara yang dibuka resmi oleh Kepala Bappeda Palopo Drs.Firmansyah DP tersebut selain diikuti oleh sejumlah perwakilan OPD, camat dan lurah, juga dihadiri oleh kalangan akademisi dan pemerhati lingkungan. Dalam sambutannya ketika mewakili wali kota, Ka.Bappeda menekankan bahwa aspek lingkungan tetap menjadi fokus pemerintah Kota Palopo dalam mewujudkan pelaksanaan pembangunan, khususnya di kawasan pesisir yang banyak dihuni oleh masyarakat. “ salah satu komitmen pemerintah terhadap lingkungan hidup adalah dengan membangun dan menata sejumlah Ruang Terbuka Hijau “ tandasnya.  Untuk mewujudkan pembangunan berbasis lingkungan hidup terkait SDM dan SDA secara berkelanjutan, pada kesempatan itu Pemkot Palopo menandatangani MoU dengan Universitas Brawijaya Malang.

Prof.Dr.Abdul Hakim, M.Si ( Direktur Pasca sarjana Univ.Brawijaya Malang) pada kesempatan itu mengingatkan semua pihak agar tidak semena-mena memanfaatkan SDA. “ pemanfaatan SDA harus secara bijak dengan mempertimbangkan generasi bangsa dimasa mendatang, jadi jangan seenaknya dipakai karena potensi SDA kita memiliki ambang batas “ tandasnya. Sementara itu, Ir.Rahmat Masri Bandaso mengusulkan agar pemerintah Kota Palopo dapat mengembangkan potensi ekowisata sebagai salah satu pilar pembangunan di Palopo. “ Palopo memiliki potensi wisata alam yang dapat dikembangkan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat, ekowisata ini bahkan dapat dijadikan icon Palopo dimasa mendatang jika dikelolah dengan baik” ungkap Wakil Walikota Palopo periode 2008-2013 itu. Pembicara terakhir Abd.Rahman dalam kesempatan itu mengutip pesan Presiden RI, Joko Widodo yang mengatakan bahwa kemajuan negara tidak hanya ditentukan oleh kekayaan alamnya, tetapi oleh kebijakan publik yang benar dan tepat ( Yulianti/ Faisal/hr)