Palopo- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Kota Palopo menggelar sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA ) berbasis website di Hotel Harapan-Palopo, selasa(11/12/2018). Menurut Hj.Lili Kaso, Kabid kesra Gender bahwa aplikasi SIGA oleh sejumlah kabupatan/ kota di Indonesia telah diterapkan. Menurutnya SIGA bertujuan untuk membantu pelayanan penyajian dan penginputan data terkait gender dan anak yang nantinya akan dijadikan referensi dalam menyusun program perencanaan pembangunan berbasis gender dan anak. “ Dengan SIGA  diharapkan tersaji data akurat dan update tentang gender dan anak “ ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Palopo dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Kepala Kesbangpol DR.H.Baso Sulaiman menekankan bahwa kehadiran SIGA sangat sejalan dengan komitmen pemerintah Kota Palopo untuk mewujudkan pelayanan berbasis teknologi informasi demi perwujudan program smart city.  Wali kota berharap agar dta yang dikelolah dan dihasilakan melalui aplikasi tersebut selalu diperbaharui dan dikelolah dengan profesional melalui pembentukan Forum data.

“ Dengan SIGA ini bahkan diharapkan dapat membantu memudahkan masyarakat dalam melaporkan atau menyampaikan tindak kekerasan terhadap gender dan anak , sehingga penanganannya dapat disikapi secara cepat “ ujarnya seraya berharap agar program ini dapat dijaga keberlanjutannya sehingga keberadaan aplikasi SIGA dirasakan manfaatnya terhadap pelaksanaan pembangunan. Ia menuturkan bahwa untuk mengoptimalkan aplikasi SIGA maka diperlukan penguatan kualitas SDM dan ketersediaan sarana prasarana pendukung.  Acara tersebut diikuti oleh sejumlah perwakilan OPD lingkup Pemerintah Kota Palopo. ( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )