Palopo- Sebagai bagian upaya untuk mencapai pembangunan yang berkeadilan dan berkelanjutan, serta menekan kesenjangan sosial ekonomi termasuk mencegah maraknya sengketa hak atas tanah di seluruh Indonesia, kementrian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional ( ATR BPN) melakukan langkah strategis yang meliputi legalisasi dan redistribusi aset tanah serta penaatan ruang yang berkelanjutan dan terus menerus melakukan peningkatan pelayanan. Hal itu ditegaskan oleh Kepala BPN Kota Palopo, Muh. Alim, SH.,MM saat menyampaikan laporannya pada penyerahan secara simbolis sertifikat tanah PTSL ( Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap ) kepada 102 warga yang mendapatkan bantuan  di ruang pertemuan kantor Lurah Binturu, Kecamatan Wara Selatan, senin (26/2/2018).   

Penyerahan sertifikat tanah gratis tersebut diserahkan langsung oleh anggota DPR RI H.M.Luthfi A.Mutty yang pada kesempatan itu didampingi oleh Plt.Sekda Palopo , Jamaluddin Nuhung, SH.MH.  Berdasarkan data yang disampaikan oleh Kepala BPN Kota Palopo, Muh. Alim, SH.,MM bahwa untuk Kota Palopo tersedian kuota sebanyak 1.500 persil sertifikat tanah yang akan diselesaikan secara bertahap. Ia menambahkan bahwa secara nasional, pemerintah pusat menargetkan akan menuntaskan program sertifikasi tanah dapat tuntas pada tahun 2025. Sementara itu, H.M. Luthfi A. Mutty dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan diterimanya sertfikat tanah tersebut, maka masyarakat sudah mendapatkan jaminan hukum atas hak tanah yang dimilikinya. “ Dengan sertifikat itu juga, maka hak rakyat atas tanah yang disebut ‘asset reform’ semakin kuat “ ujarnya seraya menghimbau para penerima manfaat agar sertifikat tanah yang diterima dapat dimanfaatkan secara maksimla guna menunjang perekonomian keluarga. Luthfi juga berharap agar Pemkot Palopo dapat membantu mensubsidi biaya BPHTB bagi warga penerima bantuan sertifikat tanah gratis , agar beban masyarakat dapat ditanggulangi.

Dalam kesempatan yang sama Plt. Sekda Palopo, Jamaluddin SH,.MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat dan juga anggota DPR RI, H.M. Luthfi A. Mutty  yang telah mampu membantu mewujudkan harapan warga dalam memiliki sertifikat tanah atas lahan mereka. “ Alhamdulillah, dengan program ini warga kita sudah dapat bernafas lega dan mempunyai bukti sah atas kepemilikan tanahnya “ ucap Sekda.  Penyerahan tersebut turut dihadiri camat Wara Selatan, lurah binturu.dan segenap warga penerima sertifikat.( Faisal Ibrahim_Diskominfo Palopo )