Palopo –Balitbangda Kota Palopo menggelar lomba inovasi tingkat Kota Palopo, kamis(5/10/2017) di auditorium saokotae. Acara yang dibuka resmi oleh Wali Kota Palopo tersebut diikuti oleh 5 peserta. Wali Kota Palopo dalam sambutan pembukaannya menjanjikan bahwa inovasi yang dipresentasikan akan diperkenalkan secara nasional sehingga hasil penelitian tersebut dapat memberi manfaat lebih.

Kelima peserta yang tampil melakukan presentase yakni DPMPTSP dengan menyajikan materi inovai pelayanan weekend plus yaitu pelayanan perijinan pada akhir pekan. Menurut Syam Zain sebagai juru bicara DPMPTSP bahwa pelayanan yang digagas tersebut telah dilaksanakan secara rutin dan mendapat respon positif dari masyarakat” alhamdulillah selama dilaksanakan setidaknya 1.000 warga terlayani dengan baik “ ungkapnya.

Sementara itu, DR.Rustam, M.Hum menyajikan materi tentang penanganan sampah rumah tangga. Dosen IAIN Palopo tersebut menggagas inovasi yang disebut “ tong dan kotak sampah ajabi ” yang digunakan untuk membuat fermentasi sampah secara sederhana sehingga tak perlu lagi dibuang ditempat sampah umum. “ sampah basah rumah tanggah akan dikelolah secara mandiri oleh tong sampah ajaib dengan manfaat lebih, jadi tak perlu lagi repot buang sampah ke kontainer “ ungkapnya.  Alumni Australia ini juga meyakinkan bahwa penggunaan tong sampah ajaibnya relativ murah dan tidak merepotkan sehingga mudah diaplikasikan disetiap rumah tangga.( red-Diskominfo )